Minggu, 18 April 2010

17-April 2010, Sabtu siang itu, Matahari bersyalala membuat kami oh lala , si nonit dan si mimi bergembira sekali karena akan jalan-jalan, hari ini si nonit dan si mimi juga ditemani  teman kami si tika. Jam satu lebih entah , kami bertiga menjemput Mas kris budiman di UNS, beliau baru saja selesai mengisi seminar di fakultas sastra UNS. Kami bertemu mas Kris di boulevard , yah biar terlihat romantis seperti di lagu-lagu hihi. Then, mas kris mengenalkan temannya mas cuk, Setelah bincang sana sini, Akhirnya mas kris satu mobil bersama kami dan mas cuk naik motor sendiri. Yes, Jadilah mas kris , lelaki disarang penyamun.haha

Tujuan pertama kami adalah mengunjungi pura mandira seta, letaknya di depan museum Kasunanan Surakarta di daerah Baluwarti. Nah, Yang unik dari Pura mandira seta ini adalah banyaknya patung dewa dewi dari berbagai agama. Seperti  patung dan lukisan dewi kwam-in. dewa-dewa china, Tri Murti, Semar , Yessus Kristus, Bunda Maria, Budha Bahagia., Budha Sidarta, Soekarno, dan lain sebagainya. Dewa Dewi berjajar dalam satu altar dan rukun –rukun aja lho :)


Setelah dari Pura mandira seta, kami berjalan sebentar menuju museum kasunanan Surakarta, Sebelum masuk ke museum,si nonit dan si mimi minum jamu kunir asem. Wow rasanya enak banget, jamu gendong seharga Rp 1500 ini kental banget, beda sama jamu  yang nonit mimi biasanya beli.

Masuk deh ke Museum, memasuki ruangan-ruangan yang ada di dalam museum koleksi kraton Kasunanan Surakarta. Benda-benda koleksi museum yang dipajang antara lain senjata perang seperti tombak, pedang, trisula, dan senjata milik keluarga kraton. Oiya ada juga lho berbagai macam benda seni kesukaan raja terdahulu seperti gamelan dan topeng.


Semakin sore, akhirnya  kami menuju ke barat, perjalanan terakhir adalah menuju makamnya mbak Naomi Intan Naomi  di  Pemakaman Keluarga Mangkunegaran, Astana Ngendo, Banyudono Boyolali, Mbak omi ini adalah penulis dari Solo , Karya-karyanya adalah Anjing Penjaga (1996), studi perempuan dalam buku Gegar Gender(2000), studi kebahasaan Indonesia dalam Kata Kunci (2001). Ia juga menulis kumpulan esai-esai sosial politik berbahasa Inggris dalam Planet Loco (2002), dan buku semiautobiografis berbahasa Inggris Dog Days Eve (2002). Sore itu langit muram,  kami mengunjungi kebun tuhan dan menyapa mbak omi.


Pukul 5 lebih entah, kami meninggalkan astana ngendo, dan dalam perjalanan menuju Stasiun Purwosari Solo, Si Nonit dan Si Mimi sempat berbincang-bincang dengan mas kris budiman, beginilah begitulah ini itu …


Mas kris hari ini berwarna apa?

Berwarna kuning

Kenapa kuning ?

Ya lagi seneng aja khan ketemu kalian berdua

Eh bukannya kalo warna kuning di beberapa  daerah itu artinya sedih, di medan bendera kuning melambangkan kematian ?

Oh iya ya ?

Hu uh

Kenapa mas kris namanya kris budiman?

Itu singkatan

Singkatan apa?

Loh masak ga tahu ?

Enggak ! (geleng-geleng)

Kris itu krisis , budi ya budi , iman ya iman , jd krisis budi dan iman 

Itu nama asli ?

Iyah asli

Serius ?

Serius

Yang menjelaskan nama itu siapa sih ? udah lama ya ?

Nggak,  baru-baru aja kok, yang ngejelasin sih temen

Oooo gitu Ya ya Kris budiman

Keren khan ?

hihihihihihi


Kenapa mas kris suka nulis?

Karena ga bisa yang lain

Kenapa tadi pas ditanya tentang buku mas kris  semiotik yang  sering dipake acuan buat skripsi mas kris ga pede?

Bukannya ga pede, ya emang tulisanku itu jelek ya jelek

Ah jelek itu cuman konsep, mas kris paling bikin konsep sendiri aja

Iyah khan  ketika sesuatu itu sudah jadi kita khan  berjarak  dengan sesuatu itu jadi kita bisa menilai

Tapi itu khan dari subyektif mas kris aja

Iyah dong, pokoknya buku-buku kayak gitu , teori-teori itu jelek

Emang segi bagusnya ala mas kris itu kayak gimana sih ?

Yang bagus itu ya novel, puisi, fiksi, film

OK, Novel yang mas kris suka apa ya ? 3 aja deh

Aku suka dengan beberapa novelnya  herman hesse, harry potter, komik-komik marvel

Kalo film ?

Banyak sih, Indiana jones, harry potter

Suka harry potter beneran  ? atau karena anaknya mas kris?

Karena ada hermione

Wahh rambutnya hermione khan kayak rambutnya si mimi

Hehehhehe oia, Aku juga  suka tomb raiders

Ah pasti karena Angelina jollie ya ?

Nggak, salah casting tu

Khan lara croft bakal ada yang baru ni, menurut mas kris, siapa yang cocok meranin?

Oh itu, Jessica alba dong

Oohhhhhhhhhhhhhh

Berarti mas kris suka cewek-cewek misterius kayak lara croft gtu ya?

Iya , yang eksotik pokoknya

Wew wew eh tadi ni mas kris bilang sangat selektif banget ni megenai musik, yang lagi suka didengerin . musik kayak gimana sih?

Leo Christy, January kristy, sade, tracy chapman

Apakah Mas kris suka chrisye juga? khan  nama dan perawakannya juga sama crishye nih hihihi

Ooh mahasiswaku juga bilang kayak gtu, haha aku suka sih salah satunya lagunya chrisye, kala sang surya tenggelam


Kalo supermodel sukanya siapa ?

Hahahahhahaa, aku punya sih, tapi dirumah  udah hilang

Kalo yang suka baca tulisannya mas kris, pasti berpikiran bahwa mas kris itu formal, kaku gtu ya, menanggapi hal itu ?

Ya aku kaku dalam bergaul

Masak sih ?

Aku kaku bergaul dengan bapak-bapak , bingung mo ngobrolin topik apa. hehhe

Ga bakal jadi ketua RT dong ?

Aaah gpp hehehe


Mas kris sibuk sekali ya ngajar, nulis, sekolah lagi, Masih ada waktu ga buat bersenang-senang ?

Kuliner sekarang udah jarang,  paling main games, ndengerin musik, bersihin koleksi perhiasan

Kenapa perhiasan, khan jarang ya lelaki suka koleksi perhiasan?

 dari kecil aku suka kok , ga ada masalah dengan itu

Mas kris khan suka ni ya jalan-jalan ke tempat budaya, terus tadi cerita juga sering ngelihat penampakan-penampakan mistis, ceritain dong yang paling serem plus serunya?

Ga pernah seram kok, karena itu fenomena biasa dan bisa dijelaskan dengan fisika

Jelaskan dong?

Itu energi lalu tersimpan lama disuatu tempat, jadi sebenernya kita sering merasakan hal itu kok.  itu endapan-endapan energi masa lalu masih ada  di tempat tertentu, yang namanya energi khan bisa menjadi material

Kalo orang sampai kesurupan itu kenapa sih mas ?

Ah itu gada, omong kosong itu

Kenapa orang bisa trance ?

Itu orang stress, bisa kesurupan khan karena faktor kultural , karena dihubungkan dengan kehidupan penuh mitos , setan-setan. Ya jadilah fenomena psikologis

Jelasin dong tentang penampakan  lingkaran atau balon balon putih yang kadang bisa lihat di photo?

Fenomena optik biasa, karena itu energi panas dan terpantul di dalam photo.

Yap jadi tahu nih mengenai penampakan hihi. Eh Mas kris sekarang maunya  usianya berapa sih ?

Aku pengennya sekarang usianya 60-75 tahun

Dengan performance mas kris yang sangat muda gini, kenapa memilih untuk berusia tua?

Biar bisa kelihatan berwibawalah didepan mahasiswaku, dan kelihatan  matang

Pertanyaan yang tidak pernah ditanyakan ketika interview ?

Cita-cita

Cita-citanya mas kris ?

Waktu kecil aku pengen jadi fashion designer , kalo sekarang aku pengen jadi nabi

Wow wow nonit dan mimi menyarankan  mas kris untuk menjadi fashion designer di  looklet.com , nanti biar  jadi nabi  bebas berkreasi hihi

Wa looklet ? apa itu ? Serius ni, aku pengen bisa mempengaruhi orang lain untuk keluar jalur

Disitu bisa desain fashion, ok ok Udah bikin jalan tol aja deh mas

Hahahaha

Pesen untuk sinonit dan simimi ?

Pesen kopi

Hahahhah

Kopi tubruk ya :)




KRIS BUDIMAN :

Dilahirkan di Bogor, Desember 1964. Latar belakang akademis di bidang Linguistik, Ilmu Sastra, dan Antropologi diperolehnya dari Fakultas Sastra UGM (1994–1990) dan Program Studi Antropologi, program Pasca sarjana (S-2 ) UGM (1996–1999).
Tulisan-tulisannya, terutama mengenai sastra, gender, dan media, dipublikasikan di beberapa surat kabar, majalah, jurnal, dan buku bunga rampai. Beberapa bukunya yang telah terbit, antara lain adalah Wacana Sastra dan Ideologi (Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 1994); Kosa Samiotika (Jogjakarta: LKIS, 1999); Feminografi (Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 1999); Feminis laki-laki dan Wacana Gender (Magelang: Indonesiatera, 2000);Lumbini (Jalasutra, 2006) dan Di Depan Kotak Ajaib: Menonton Televisi Sebagai Praktik Konsumsi (Jogjakarta: Galang Press, 2002). Di samping kegiatan tulis menulis, sehari-harinya dia mengajar di jurusan Kajian Budaya dan Media, UGM.

0 komentar:

Poskan Komentar